4.12.21



Melukis itu menyenangkan. Rasanya seperti punya tempat nyaman, untuk bisa berekspresi dan tentunya...berimajinasi. Manusia memerlukan imajinasi
, kalau nggak mungkin bisa kering hidupnya. Well, setidaknya untuk gue, deh. πŸ˜„

Dulu gue suka sekali melukis, walaupun lebih banyak menggambar daripada mewarnai. Sayang seiring berjalannya usia, tidak banyak waktu untuk melakukan itu.  Sekarang, ada motivasi untuk lebih banyak berekspresi dengan gambar. 

Tools yang paling sering gue gunakan hanya kertas, pensil, atau bolpen. Jaman sekarang sebetulnya sudah ada teknologi lain seperti apps di Ipad yang bisa bikin gambar lebih bagus dan rapi. Cuma entah kenapa gue lebih nyaman dengan cara konservatif, yang secara fisik alatnya bisa disentuh serta bahannya nyata. 

Gue baca-baca, itu sebetulnya bagus buat mempertajam "rasa", melampaui kemampuan teknologi. Kreator jadi lebih hati-hati karena nggak mudah untuk hapus-hapus kapan suka. Kalau sudah salah coret atau warna, ya harus mengulang lagi. Makanya setiap langkah harus dipikirkan dan keterampilan perlu diasah. Pelan-pelan itu membuat motorik halus kita terlatih.

Untuk mewarnai, kadang gue pakai copic (yang sekarang nggak semahal dulu), cat poster, dan acrylic. Sebab mereka sangat mudah dikendalikan.  Yes,  gue biasa dengan sesuatu yang terkontrol. Gambar fitur dan gambar di bawah Ini adalah beberapa karya gue menggunakan medium itu.

Still life dan fantasi

Di hari gini, gue menemukan tantangan baru: mencoba mendalami  cat air. Cat air adalah medium yang buat gue lumayan menantang, sebab sifatnya sangat susah dikendalikan!

Bandel, kalau orang bilang. Jadi untuk menguasainya harus menggunakan teknik berbeda dibanding cat acrylic, poster, atau minyak. Hasil lukisan cat air warnanya juga tipis-tipis, tidak setebal kawan-kawan cat lainnya!

Setelah mempelajari banyak alatnya, gue melihat sekarang sudah ada yang namanya water brush, semacam pena kuas. Disini kuas bersatu dengan airnya, kalau mau menambahkan air ke kuas tinggal ditekan. Nah, ini model peralatan baru buat gue, yang biasa menggunakan kuas.

Water Brushes

Tertarik, gue coba beli water brush, merek Koi Sakura. Besar kuasnya bervariasi ada nomor 2, 6, 8. Untuk nomor 6 ada yang ujung kuasnya datar. Untuk tube airnya sendiri sebetulnya ada 2 jenis, yang 4ml dan 8ml. Tinggal pilih cocoknya yang mana. Kalau 8ml jelas sedikit lebih besar, sehingga air yang tertampung lebih banyak.

Water brush model begini cocok buat mereka yang melukis sambil traveling. Soalnya nggak perlu repot kan bawa penampungan air. Walaupun ada juga yang tetap pilih memakai kuas yang bisa dilipat kecil, ya. Again, itu selera masing-masing. Gue sendiri ingin mencoba dulu pakai water brush, sebab kuas lipat dengan kualitas baik yang tersedia di pasaran lumayan mehong. Lagipula gue masih pemula sekali dalam hal cat air. 

Cotman Water Colour Pan

Untuk cat airnya sendiri gue sebetulnya punya banyak pilihan. Bisa pakai yang model tube atau pan (cake), bahkan bisa saja model aquarell (ini juga sebetulnya masuk cat air). Gue pakai Cotman model pan, pilihan warnanya asyik-asyik soalnya. πŸ˜™ Sebelumnya gue pakai model tube untuk berlatih, karena masih punya beberapa sisa, lumayan untuk dapat "feeling" nya cat air.

Iseng coret-coret latihan

Yang gue kurang sreg dengan model tube adalah, mereka cenderung membuat tempat jadi belepotan, membersihkannya ribet. Kalau pan tinggal campur air di tempat. Memang lebih sedikit warnanya ya. Untuk traveling,  cat air model terakhir ini sangat membantu karena super praktis. 

Kembali kepada pilihan masing-masing. 

Demikian sekilas update dari gue tentang back to painting. Kapan-kapan bahas lagi.

Suka melukis juga? 

 

 




14 komentar

Suka lukisan, tapi jangan harap aku bisa bikin sendiri 🀣. Kecuali kalo cuma sekedar mewarnai doang mba 😁.

Tapi Krn aku suka yg praktis, jadinya lebih suka pakai pensil warna aja. Aku suka tuh pensil2 warna dari Derwent Krn jenisnya banyak, ada yg studio, artist, charcoal, water color pencil dll. Trus lebih keluar warnanya 😁, bisa di timpa timpa pula. Tapi memang yaaa harga aduhai 🀣.

REPLY

Oh mbak Fanny suka mewarnai buku-buku coloring yaπŸ™‚. Aku malah belum pernah, lho. Derwent memang bagus banget. Ada harga ada rupa. Punya semuakah?

REPLY

Saya suka lihat lukisan, tapi nggak jago melukis seperti Arian πŸ˜† Kalaupun kadang saya gambar-gambar gitu nggak pernah bisa bagus hasilnya. Hehehehe.

Sekalinya saya melukis, biasa pakai yang sudah ada nomornya itu lhooo, jadi gampang tinggal ikuti nomor yang tertera πŸ˜‚ Dan memang kegiatan memberi warna pada gambar itu menyenangkan, yaaah. Saya meski hanya ikuti nomor, tapi ada rasa fun ketika melakukannya 😍

REPLY

Aku sukaa gambar.. dulu suka gambar di kertas.. tapi semenjak kenal Ipad dan Procreate. Udah jarang nyetokin pensil warna lagi.. jujur, aku ketagihan menggambar di sana.. hihi 😁😁

REPLY

@mbak Eno

Terima kasih. Poin fun melukis kalau bisa suka-suka gambar tanpa peduli hasilnya gimana. Yang tau diri sendiri saja cukup. Kadang aku juga bertanya-tanya apakah harus bagus untuk bikin aku senang gambar bunga? Nggak, jadi akhirnya ya melukis saja...

Lukis dengan nomor juga seru. Kapan-kapan bahas deh

REPLY

@mas Bayu

Oh dulu suka pakai medium pensil warna ya.Memang sekarang gambar sudah dipermudah dengan alat.

REPLY

Lukisannyaa baguuss 😍 aku ga bisa melukis dan memang bakat seni sepertinya tidak baik 🀣 kadang suka mewarnai aja tapi ya sebagai isi waktu luang. Bukan yang secara khusus mendalami hhhee..

REPLY

Terima kasih, enggak apa-apa mbak. Eh, aku juga nggak mendalami banget. Suka-suka saja yaπŸ˜„

REPLY

aku udah lama belajar watercolor, tapi tetep belom dapet feelnya :D masih susah ngontrolnya buat aku, tapi selalu suka dengan hasil gambar watercolor

REPLY

sekarang cat air emang lagi hits banget yaa... tulisan kaligrafi dari cat air juga merajalela bangettt.. Aku yang suka jurnaling tuh sering banget nemu orang-orang pada nulisnya pake cat air... Tapi aku ga suka wkwkwkwk Selain bikin basah dan kertas jurnalnya musti tebel, aku pun ga mahir menggunakannya hehe Jadi aku masih setia dengan pulpen warna warni, spidol, ato krayon hehehe

Dibilang suka melukis, engga juga sih.. Aku lebih ke menggambar di kertas hehehe Dan yes, aku pun sama, lebih suka ada fisiknya.. Pernah coba juga gambar di ipad, tapi aku ga punya pennya, jadi pake jari... Kaga enak wkwkwkwkw

REPLY

@mbak Indah

Oh?Kenapa tidak diteruskan ya. Atau masih sering pakai?πŸ˜€

REPLY

Furisukabo-san

Aku nggak tahu lagi hits atau nggak.Mungkin di kalangan journalist.
Memang susah kalau journal pakai cat air, modalnya harus besar karena pakai paper spesial. Cuma kalau hobi pasti seneng-seneng aja.πŸ˜‰

Suka journaling Furisukabo-san? Keren sekali..

Pena ipad harus beli terpisah ya.

Hapus

REPLY

Sejak dulu aku nggak bisa gambar, bener-bener nggak ada bakat deh. Disuruh doodling pun nggak bisa, nyontek contoh harus ngapus berapa kali itu pun hasilnya nggak mendekati gambar asli πŸ˜‚ Jadi memang sangat admire orang-orang yang pintar sekali ngelukis atau gambar apa pun itu, termasuk lihat hasil painting-nya Arian nih. Aku suka bangettt gambar yang peluk dolphin sama kucing btw. So cute.

REPLY

Terima kasih ci Jane. Itu bikinnya iseng. Ada alternatif lain mewarnai buku buat yang nggak suka gambar kalau mau coba πŸ˜€ Lumayan menenangkan.

REPLY

Dream Catcher 2021 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates